Visi Misi Tujuan dan Sasaran

Visi

Menjadi Program Studi yang kompeten dan profesional di bidang Ilmu Administrasi Negara berbasiskerakyatan.

Visi kompeten merupakan keterampilan yang diperlukan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan yang konsisten dalam memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam kajian Ilmu Administrasi Negara. Dalam hal ini yang dilakukan adalah pendekatan model input, yang berfokus pada ketrampilan mahasiswa.

Ketrampilan-ketrampilan ini mencerminkan kompetensi dan kemampuan potensial di bidang kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan; sedangkan yang dimaksud dengan professionaladalah keahlian seseorang yang dilengkapi dengan knowledge, skill dan attitude dalam kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan.

Sementara kerakyatan adalah keberpihakan kepada masyarakat kecil, masyarakat marginal, termasuk masyarakat daerah tertinggal dan terluar. Dengan demikian, PT tidak hanya dinikmati oleh masyarakat menengah atau menengah atas, tetapi juga masyarakat miskin. Hal ini merupakan ciri khas dari PS IAN untuk mengentaskan kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pengajaran di bidang Ilmu Administrasi Negara dengan konsentrasi bidang kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan.
  2. Mengembangkan kajian Ilmu Administrasi Negara secara teoretis maupun praktis dalam bentuk penelitian ilmiah berbasis kearifan lokal dan problem solving.
  3. Melaksanakan pengabdian dan aktivitas sosial berkelanjutan yang berbasis kerakyatan untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak guna membangun tradisi masyarakat ilmiah-intelektual di bidang Ilmu Administrasi Negara dan pengembangan profesionalitas layanan program studi.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, beriman, beretika, berwawasan kebangsaan dan mandiri.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkompeten, kreatif dan professional di bidang kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan.
  3. Menghasilkan karya penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan.
  4. Menghasilkan pengabdian masyarakat berbasis ilmiah bagi kemaslahatan masyarakat luas.
  5. Menghasilkan kerjasama kemitraan yang bermanfaat bagi pengembangan dan kemajuan program studi.

 

Sasaran

Sasaran PS IAN adalah :

  1. Pembentukan karaktermahasiswa sesuai dengan tujuan bangsa.
  2. Mewujudkan kompetensi Mahasiswa bidang Ilmu Administrasi Negara.
  3. Terwujudnya minat penelitian dan hasil karya penelitian yang inovatif di bidang kebijakan, pelayanan dan perencanaan pembangunan.
  4. Terwujudnya kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi ilmiah.
  5. Terwujudnya sinergitas antara program studi dengan pihak luar sebagai mitra potensial.

 Masing-masing sasaran di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sasaran pertama merupakan implementasi terhadap visi tentang KERAKYATAN, yakni Terwujudnya pemerataan kesempatan belajar secara luas bagi masyarakat:Pemerataan kesempatan belajar secara luas bagi masyarakat merupakan perwujudan dari visi dan misi Universitas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara yaitu Pendidikan Tinggi untuk Semua. Pendidikan Tinggi untuk Semua mengarah kepada terwujudnya visi KERAKYATAN dengan maksud mengelola pendidikan tinggi yang berpihak pada masyarakat kecil yang kurang mampu/mendapat perhatian. Oleh karena itu,PS IAN mengemban tugas untuk mewujudkan pendidikan tinggi untuk semua, berpartisipasi untuk mengentaskan kemiskinan dan ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerataan kesempatan belajar secara luas bagi masyarakat merupakan input awal terlaksananya sebuah proses pembelajaran dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas PS IAN dalam menghasilkan lulusan. Hal ini dipandang penting sebagai sasaran awal yang harus diwujudkan dalam implementasi visi-misi.
  2. Sasaran kedua diarahkan untuk menjawab tujuan pertama dan kedua, yakni Terwujudnya pembelajaran yang berkualitas: Pembelajaran yang berkualitas akan berdampak pada lulusan yang berkemampuan akademik sehingga PS IAN dapat mempersiapkan lulusannya untuk dapat bersaing. Kemampuan akademik harus diimbangi dengan pendidikan karakter yang baik yang berlandaskan atas nilai-nilai agama. Karakter yang baik sebagai bentuk soft skills merupakan kemampuan yang tidak terlihat namun sangat menunjang kesuksesan lulusan PS IAN. Pembelajaran yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pembelajaran dalam membentuk insan akademis yang responsif, profesional, mandiri dan berbasis pemecahan masalah sebagaimana yang dijabarkan pada tujuan kedua PS IAN.
  3. Tercapainya pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya secara optimal: Pengembangan suasana kondusif untuk pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan dengan kemampuan memanfaatkan dan mengelola sumberdaya secara optimal. Kebijakan dan budaya resource sharing telah sesuai dengan peruntukkannya dengan maksud untuk memberikan kemudahan dan menunjang kualitas pembelajaran, penelitian dan kompetensi dosen dan mahasiswa.
  4. Sasaran keempat dan kelima diarahkan untuk menjawab tujuan ketiga, yaitu Terwujudnya kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi ilmiah: Pelaksanaan dharma perguruan tinggi kedua dan ketiga harus dilaksanakan demi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi. PS IAN mengemban misi pertama dan ketiga sebagai bagian yang telah dirumuskan pada tujuan ketiga. Hal ini dapat diwujudkan apabila ada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Banyaknya dan kualitas penelitian merupakan sasaran yang harus diwujudkan. Kualitas penelitian diukur dari solusi yang ditawarkan dalam menyelesaikan masalah nasional, bersesuaian dengan arah penelitian payung fakultas, perolehan dana Hibah dari Kemendikbud dan mampu memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Demikian pula diseminasi penelitian dalam bentuk publikasi ilmiah merupakan tuntutan untuk memenuhi kemampuan bersaing dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi.
  5. Terwujudnya sinergitas antara Program Studi dengan pihak luar sebagai Mitra Potensial: Adanya jalinan kerjasama kemitraan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak luar sangat mendukung terwujudnya tujuan ketiga. Fungsi kerjasama sebagai wadah untuk diseminasi IPTEK dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan citra publik atas kualitas dan kompetensi pada PS IAN.

 Sasaran yang ingin dicapai oleh PS IAN dilakukan dengan beberapa program, diantaranya adalah :

  1. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar;
  2. Peningkatan mutu dan relevansi penyelenggaraan pendidikan;
  3. Pengembangan kapasitas dan perbaikan tata kelola penyelenggaraan pendidikan;
  4. Peningkatan dan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  5. Peningkatan kerjasama sebagai wadah diseminasi IPTEK, kegiatan pendidikan, penelitian dan abdimas.

Setiap program yang ditujukan untuk mencapai sasaran dilakukan dengan beberapa aktivitas yang dijabarkan pada Tabel 1. Upaya pencapaian sasaran tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan dan disusun dalam strategi pencapaian sasaran yang dijabarkan ke dalam “Strategi Pencapaian Sasaran PS IAN Periode 2013–2020(Tabel 1).Strategi pencapaiannya dilakukan selama periode 2013–2020. Hal ini diharapkan sesuai dengan target UNITRI dalam waktu 20 tahun sejak UNITRI berdiri.

Implementasi visi-misi dalam kurikulum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mencerminkan kualitas dan kompeten dapat diwujudkan melalui:

  1. Penetapan lokasi Kuliah Kerja Kompetensi (K3) yang didasarkan atas kebutuhan dasar akan pemahaman dan pelayanan yang baik bagi masyarakat, yaitu di instansi-instansi pemerintahan.
  2. Seminar Kompetensi Mahasiswa yang dilakukan dengan berbasis isu masalah yang dihadapi masyarakat dan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan kelompok-kelompok masyarakat (NGO dan lembaga swasta lain).
  3. Pengabdian dan pendampingan terhadap IPTEK bagi masyarakat yang didahului kerjasama dengan pihak-pihak terkait.
  4. Materi perkuliahan kompetensi yang kompatibel untuk mendukung profesionalisme berbasis kerakyatan .
  5. Perumusan kompetensi program studi dan fakultas dengan mata kuliah utama dan pendukung kompetensi.
  6. Menyelenggarakan semiloka kurikulum yang bertema “MENUJU LULUSAN FISIP UNITRI YANG BERKUALITAS DAN BERKOMPETEN”.
  7. Melengkapi pengalaman belajar mahasiswa dalam MK Kewirausahaan dengan kegiatan “INISIASI KEWIRAUSAHAAN PEMUDA” yang menghadirkan para pengusaha kecil-menengah.
  8. Pemberian beasiswa dan subsidi biaya pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu.
  9. Mengundang pembicara tamu yang concern pada wawasan kebangsaan dan pembentukan karakter bangsa, seperti:

a) Pada tahun 2011 tentang Penguatan Pancasila sebagai Dasar Negara RI pada tingkat Pelajar dan Mahasiswa.
b) Pada tahun 2012, bertema tentang Menumbuhkan Ideologi Pancasila sebagai Pilar Utama Kehidupan Berorganisasi (Ir. Akbar Tanjung).
c) Pada tahun 2013, bertema Konsep Pendidikan Nasional yang Pancasilais (Drs. Haryanto, M.Pd, Prof. Dr.Tadjuddin Noer, Prof. Dr.Samsul Arifin).
d) Pada tahun 2014, Prof. Dr. Yaqub Cikusin, M.Si, bertema Kepemimpinan Visioner berlandaskan Pancasila.